Bagaimana Cara Membuat Surat Keterangan Domisili Perusahaan


by Iman Firdaus October 12, 2017

Cara Membuat Surat Keterangan Domisili Perusahaan

 

Cara membuat Surat Keterangan Domisili Perusaan dengan cara membuat Surat Keterangan Domisili Pribadi ternyata tidak jauh berbeda, yang berbeda hanyalah aneka dokumen yang perlu dipersiapkan. Untuk membuat sebuah Surat Keterangan Domisili Perusahaan atau disingkat menjadi SKDP, Anda perlu mempersiapkan beberapa macam dokumen. Adapun dokumen yang perlu Anda siapkan tersebut berbeda-beda pada setiap daerah, itu sebabnya, ketika Anda hendak mengajukan SKDP, sebaiknya Anda menanyakan berbagai persyaratan SKDP tersebut pada pihak kelurahan setempat. Ulasan berikut ini adalah beberapa gambaran dokumen yang perlu Anda siapkan untuk membuat SKDP tersebut.

Jika Kantor atau bangunan milik sendiri

Apabila kantor atau bangunan yang Anda gunakan tersebut milik sendiri, maka berbagai dokumen yang perlu Anda siapkan untuk mengajukan SKDP, antara lain :

  1. Membuat sebuah Surat Permohonan pembuatan SKDP yang ditujukan pada Kasatlak PTSP di Kelurahan, surat tersebut sebaiknya sudah ditanda tangani oleh Direktur Utama Perusahaan.  Dalam surat ini diinformasikan juga tentang perusahaan, bidang usaha, jumlah karyawan, dll.
  2. Adanya surat pernyataan bermaterai, tentang keabsahan dokumen yang dilampirkan. Surat tersebut harus sudah ditandatangani oleh Direktur Utama atau Penanggung Jawab Perusahaan.
  3. Adanya akta notaris pendirian atau perubahan perusahaan, sebaiknya menyertakan sertifikat asli dan fotokopi.
  4. Menyertakan dokumen asli dan fotokopi KTP dari Diretur Utama atau Penanggung Jawab Perusahaan. Apabila Penanggung Jawab Perusahaan atau Direktur Utama WNA, sebaiknya menyertakan paspor atau Kitas yang asli dan fotokopi.
  5. Menyertakan Kartu Keluarga dari Direktr atau Penanggung Jawab Perusahaan.
  6. Menyertakan fotokopi NPWP Pribadi Direktur atau Penanggung Jawab Perusahaan .
  7. Fotokopi bukti kepemilikan tanah, termasuk sertifikat tanah, akta jual beli atau girik.
  8. Fotokopi slip pembayaran PBB tahunan yang sedang berjalan.
  9. Melampirkan dokumen asli dan fotokopi Izin Pendirian Bangunan /IMB, dimana bangunan yang digunakan adalah kantor bukan rumah tinggal. Pada bangunan yang belum atau tidak memiliki IMB, dapat diganti dengan pernyataan bermaterai dari pemilik bangunan yang diketahui oleh ketua RP, RW dan Lurah setempat. Teknik seperti ini hanya berlaku di beberapa tempat tertentu
  10. Adanya daftar BPJS ketenagakerjaan untuk Badan Hukum atau Badan usaha.
  11. Fotokopi slip setoran retribusi izin gangguan dan juga pajak reklame.
  12. Adanya surat keterangan Pajak Retribusi Daerah.
  13. Adanya Surat Pernyataan Tidak Keberatan dari para tetangga sekitar, terutama tetangga yang lokasinya berdekatan langsung dengan bangunan tersebut.
  14. Fotokopi Surat Izin Temapt Usaha /ITU.  
  15. Surat Kuasa pengurusan bermaterai, jika pengurusan dilakukan oleh pihak lain. 

Jika kantor atau gedung menyewa

Apabila kantor atau bangunan yang digunakan tersebut sewa atau mengontrak, maka berbagai dokumen yang perlu dipersiapkan ketika mengajukan SKDP, antara lain :

  1. Menyertakan Surat permohonan pembuatan SKDP, ditujukan pada Kasatlak PTSP Kelurahan, Surat tersebut sebaiknya telah ditandatangani oleh Direktur Utama Perusahaan.  Dalam surat tersebut disertakan juga informasi tentang perusahaan, antara lain bidang usaha, jumlah karyawan, dll.
  2. Menyertakan surat pernyataan bermaterai, yang berisi informasi tentang keabsahan dokumen yang dilampirkan. Surat tersebut harus sudah ditandatangani oleh Direktur Utama atau Penanggung Jawab Perusahaan.
  3. Adanya dokumen asli dan fotokopi akta notaris pendirian atau perubahan perusahaan.
  4. Adanya dokumen asli dan fotokopi KTP dari Direktur Utama atau Penanggung Jawab Perusahaan.
  5. Memberikan fotokopi Kartu Keluarga dari Direktur atau Penanggung Jawab Perusahaan.
  6. Memberikan fotokopi NPWP Pribadi Direktur atau Penanggung Jawab Perusahaan .
  7. Adanya surat keterangan dari Pengelola Gedung, apabila lokasi kantor di kompleks perkantoran. Surat ini juga dilengkapi dengan bukti kepemilikan gedung, antara lain fotokopi IMB, sertifikat, dan PBB terakhir dari pemilik gedung. 
  8. Adanya fotokopi surat perjanjian Sewa Menyewa Gedung.
  9. Menyertakan daftar BPJS ketenagakerjaan pada Badan Hukum atau Badan usaha.
  10. Adanya fotokopi slip setoran retribusi izin gangguan serta pajak reklame.
  11. Menyertakan surat keterangan Pajak Retribusi Daerah.
  12. Menyertakan surat Pernyataan Tidak Keberatan, yang dilakukan oleh para tetangga sekitar. Terutama para tetangga yang lokasinya berdekatan langsung dengan bangunan tersebut, atau warga lainnya. 
  13. Menyertakan fotokopi Surat Izin Tempat Usaha  atau disingkat ITU.  
  14. Menyertakan Surat Kuasa pengurusan yang bermaterai, apabila pengurusan dilakukan oleh pihak lain.

Demikian bebagai informasi tentang cara membuat Surat Keterangan Domisili, semoga bermanfaat untuk Anda.




Iman Firdaus
Iman Firdaus

Author



Leave a comment

Comments will be approved before showing up.


Also in Centerflix News Blog

7 Hal Yang Harus di Perhatikan Saat Anda Mau Sewa Virtual Office
7 Hal Yang Harus di Perhatikan Saat Anda Mau Sewa Virtual Office

by Iman Firdaus November 28, 2018

Virtual Office saat ini sudah menjadi tren di kalangan para startup bisnis di Indonesia, anda tidak perlu repot lagi menyiapkan lokasi, karyawan dan tentunya bisa menghemat budget pengeluaran operasional kantor anda.

Maraknya bisnis usaha virtual office di Indonesia khususnya di Jakarta sebagai pusat bisnis tentunya membuat anda bingung memilih mana layanan virtual office yang bagus dan harganya terjangkau.

Nah berikut ini 8 hal yang harus di perhatikan saat anda mau menyewa virtual office :

Read More

Apa Perbedaan Layanan Service Office dengan Capsule Office ?
Apa Perbedaan Layanan Service Office dengan Capsule Office ?

by Iman Firdaus November 23, 2018

Belum banyak orang yang mengetahui beberapa jenis layanan sewa kantor seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya disini yaitu perbedaan coworking space dan service office. dalam layanan yang diberikan oleh centerflix.com terdapat beberapa service untuk sewa kantor antara lain :

Nah beberapa layanan yang ada mungkin anda belum familiar seperti apa sih perbedaan dari layanan service office dengan layanan capsule office ?

Read More

Layanan CoWorking Space Terbaik yang ada di Jakarta
Layanan CoWorking Space Terbaik yang ada di Jakarta

by James Suselo November 15, 2018

Di tengah kemajuan teknologi sekarang ini konsep ruang kerja tidak selalu harus hadir di area perkantoran dengan suasana kerja yang membuat kita bosan dan jenuh, saat ini kita bisa mencoba layanan Coworking space yaitu sebuah layanan sewa kantor dengan konsep ruang kerja yang lebih casual dan santai. anda akan menikmati suasana kerja layaknya saat anda sedang berada di rumah sendiri.
Terletak di bilangan Semanggi jakarta IFGF Coworking space menawarkan sebuah konsep baru ruang kerja yang memberikan suasana berbeda dari biasanya. anda bisa melakukan pertemuan dengan client di sebuah meja meeting yang terlihat natural dan menarik. tersedia juga beberapa sofa empuk yang akan membuat anda nyaman dan ingin berlama-lama berada disini.

Read More