Mengenal dan Mengetahui Berbagai Kelengkapan Pendaftaran PKP


by Andriani Setiawan October 12, 2017

 

Apabila Anda termasuk seorang pengusaha / pebisnis atau bahkan perusahaan kena pajak / PKP, ada baiknya jika mempersiapkan berbagai macam dokumen pelengkap atau kelengkapan pendaftaran PKP, yang harus Anda bawa dan ajukan ke KPP,  guna memenuhi berbayai peryaratan pengajuan PKP dan untuk dikukuhkan sebagai PKP. Adapun berbagai dokumen yang perlu diserahkan, terdiri atas beberapa kelompok antara lain wajib pajak pribadi, wajib pajak badan atau perusahaan, dan wajib pajak dalam bentuk kerjasama.

Wajib pajak perseorangan / pribadi

Adapun berbagai macam dokumen yang perlu dipersiapkan, guna mengajukan pengukuhan Pengusaha Kena Pajak atau PKP pada wajib pajak perseorangan antara lain :

  1. Untuk WNI atau Warga Negara Indonesia dapat menggunakan fotokopi KTP atau Kartu Tanda Penduduk. Untuk WNA atau Warga Negara Asing, dapat menggunakan fotokopi paspor, fotokopi KITAS atau Kartu Izin Tinggal Terbatas, atau juga KITAB / kartu Izin Tinggal Tetap. Kartu-kartu terebut, sebaiknya telah dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang.
  2. Berbagai dokumen izin kegiatan usaha yang telah dikeluarkan oleh instansi yang berwenang atau badang yang berwenang.
  3. Adanya surat keterangan tempat kegiatan usaha atau termasuk pekerjaan bebas  dan bukan termasuk Pejabat Pemerintahan Daerah, minimal Lurah atau Kepala Desa. 

Wajib pajak badan

Berbagai macam dokumen yang sebaiknya dipersiapkan, guna mengajukan pengukuhan Pengusaha Kena Pajak atau PKP pada wajib pajak pada badan atau perusahaan antara lain :

  1. Memberikan fotokopi akta pendirian atau adanya dokumen pendirian badan usaha, serta adanya perubahan bagi wajib pajak badan dalam negeri. Atau adanya surat keterangan dari kantor pusat, yang memberikan keterangan sebagai badan usaha tetap. Surat keterangan tersebut sebaiknya telah dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang.
  2. Memberikan fotokopi Kartu Nomor Pokok Wajib Pajak dari salah satu pengurus. Jika  perusahaan ini dikelola oleh WNA, sebaiknya disertakan juga fotokopi paspor, beserta surat keterangan tempat tinggal dari Pejabat Pemerintah Daerah, minimal Lurah atau Kepala Desa yang akan bertanggung jawab atas WNA tersebut.
  3. Memberikan Dokumen Izin Usaha atau Kegiatan Usaha yang telah diterbitkan oleh instansi yang berwenang, serta 
  4. Memberikan Surat Keterangan Tempat Kegiatan Usaha yang telah diterbitkan oleh Pejabat Pemerintah Daerah setempat setidaknya Lurah atau Kepala Desa.

Wajib pajak badan bentuk kerja sama operasi / joint operation

Adapun aneka dokumen yang sebaiknya dipersiapkan, ketika mengajukan pengukuhan Pengusaha Kena Pajak atau PKP pada wajib pajak badan bentuk kerja sama operasi atau joint operation antara lain :

  1. Memberikan fotokopi Perjanjian Kerjasama atau juga akta Pendirian Usaha, sebagai bentuk kerjasama operasi atau joint operation , yang telah didelegasikan oleh pejabat yang berwenang.
  2. Memberikan fotokopi Kartu Nomor Pokok Wajib Pajak dari masing-masing anggota, sebagai bentuk kerjasama operasi atau joint operation, dimana masing-masing anggotanya diwajibkan memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak.
  3. Memberikan fotokopi Kartu Nomor Pokok Wajib Pajak yang dimiliki oleh salah seorang pengurus perusahaan, atau salah satu anggota yang mengikuti kerjasama operasi atau joint operation tersebut. Apabila penanggung Jawabnya adalah seorang WNA atau Warga Negara Asing, sebaiknya menyertakan juga fotokopi paspor, dari penanggung jawab tersebut. 
  4. Memberikan dokumen izin kegiatan usaha, yang telah diterbitkan oleh instansi yang berwenang, juga
  5. Memberikan surat keterangan tempat kegiatan usaha, yang diterbitkan oleh Pejabat Pemerintah Setempat, minimalnya Lurah atau Kepala Desa, bagi pengelola Wajib Pajak badan dalam negeri maupun para wajib pajak badan asing.

Dokumen lain yang akan diikutsertakan

Selain menyerahkan berbagai macam dokumen yang telah disebutkan di atas, baik itu untuk perseorangan, badan atau bahkan joint operation, ada juga beberapa tambahan dokumen lain yang perlu Anda bawa, antara lain :

- Bukti sewa atau kepemilikan dari temapt usaha tersebut.

- Adanya foto ruangan atau tempat usaha yang sedang dilakukan.

- Adanya denah lengkap dari tempat usaha tersebut.

- Adanya peta lokasi dimana tempat usaha tersebut berlangsung.

- Adanya specimen penanda tangan faktur atau form yang telah disediakan oleh KPP, FC, Penadatanganan Faktur dan KTP.

- Menyertakan juga daftar harga atau daftar inventaris kantor.

- Menyertakan laporan keuangan seperti neraca laba rugi.

- Menyertakan SPT Tahunan terakhir.

Apabila kelengkapan pendaftaran PKP sudah selesai, biasanya petugas akan melakukan survey. Jika hasil survey berjalan lancar, maka dalam jarak 1 hingga 2 hari, atau maksimalnya dalam waktu 5 hari kerja, Anda dapat mengambil Bukti Penerimaan Surat PKP.




Andriani Setiawan
Andriani Setiawan

Author



Leave a comment

Comments will be approved before showing up.


Also in Centerflix News Blog

Sewa Ruang Kantor Ukuran Kecil
Sewa Ruang Kantor Ukuran Kecil

by Andriani Setiawan February 15, 2018

Memiliki sebuah kantor yang menjadi tempat operasional perusahan merupakan sebuah impian atau idaman bagi banyak startup dalam mengembangkan atau dalam melaksanakan operasional perusahaannya itu sendiri. Bagi seorang pengusaha yang baru merintis kariernya di berbagai jenis bidang yang sedang di geluti nya sudah pasti akan melewati banyak sekali hambatan-hambatan dan juga persoalan yang apabila kita tidak pintar dan juga tidak kuat dalam menjalankan sebuah perusahaan. Sudah pasti , usaha yang sedang kita rintis akan hilang alias bangkrut karena tidak dapat bersaing dengan berbagai kompetitor lainnya.

Read More

Sewa Ruang Rapat di Jakarta
Sewa Ruang Rapat di Jakarta

by Iman Firdaus February 13, 2018

Ruang rapat atau lebih sering di sebut ruang pertemuan merupakan salah satu tempat yang sangat penting yang harus di miliki sebuah perusahaan terlebih perusahan yang memiliki ruang kantor sendiri. Ruang pertemuan atau ruang rapat itu sendiri sepertinya, biasanya di gunakan untuk berbagai kepentingan seperti digunakan untuk rapat, acara khusus perusahaan, seminar atau beberapa kepentingan yang menyangkut perusahaan. besarnya ruang rapat yang di sediakan oleh sebuah perusahaan biasanya bervariasi sesuai dengan besar kecilnya kantor sebuah perusahaan. Namun, tidak sedikit juga beberapa perusahaan yang sudah memiliki ruang rapat, namun memilih untuk sewa ruang rapat jakarta.

Read More

Virtual Office Promo
Virtual Office Promo

by Adnan Darnawi February 13, 2018

Banyak sekali yang bisa kita lakukan bagi seorang entrepreneur pemula atau lebih sering di bilang startup untuk terus mengembangkan sebuah usaha yang memang sedang kita jalani. Mulai pembaharuan sarana prasarana yang mendukung usaha kita maupun meningkatkan berbagai kemampuan sumber daya manusia agar ke depannya bisa membantu perusahaan kita untuk terus berkembang.

Apabila berbicara dengan pembaharuan sarana dan juga prasarana. Memang hal itu merupakan faktor yang sering membuat para pengusaha haru berfikir 2x .Maksud dari berfikir 2x adalah kita harus benar-benar memikirkan secara matang apabila ingin memperbarui sarana prasaran dengan berbagai pertimbangan. Sebagai seorang startup sudah pasti sisi keuangan akan sangat sensitif dan juga menjadi perhatian paling utama. Hal itu karena , kita harus benar-benar menggunakan dana yang ada termasuk kas perusahaan untuk kepentingan yang paling penting di perusahaan.

Read More