Persyaratan dan Cara Pembuatan Kartu NPWP Secara Langsung


by Iman Firdaus June 21, 2017

NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak merupakan nomor yang telah diberikan pada pihak Wajib Pajak yang bertujuan sebagai sarana untuk administrasi perpajakan dan dipergunakan sebagai identitas atau tanda pengenal diri  Wajib Pajak untuk melaksanakan hak serta kewajibab di bidang perpajakan. Nomor pajak ini wajib dimiliki oleh warga negara Indonesia, entah itu secara perorangan ataupun badan usaha. Nomor pajak tersebut dijadikan sebagai acuan pembayaran pajak, dan menjadi persyaratan dari sejumlah layanan umum, misalnya pembuatan paspor, pengajuan kredit dan lain sebagainya.

Kartu NPWP pribadi ini dapat dikatakan sama seperti KTP yang peranannya wajib untuk dimiliki setiap orang yang sudah memenuhi semua persyaratan tertentu. Hal ini artinya telah memenuhi persyaratan sebagai seorang Wajib Pajak. Untuk wajib pajak yang tak mendaftarkan diri memperoleh kartu ini, maka akan dikenakan sangsi sesuai ketentuan dari perundang-undangan perpajakan. Bila Anda belum mempunyai kartu pajak ini, sebaiknya segera membuatnya lebih dulu dan menyimak semua persyaratan agar Anda bisa memiliki kartu pajak tersebut.

Persyaratan Pembuatan NPWP Pribadi

Persyaratan seseorang yang dinyatakan sebagai WP atau wajib pajak yaitu jika sudah memiliki pendapatan dalam 1 tahun melebihi PTKP atau Penghasilan  Tidak Kena Pajak. Dimana hal tersebut berlaku untuk setiap individu, entah itu yang belum ataupun yang telah berkeluarga. Akan tetapi, untuk wanita yang sudah menikah yang tidak mengadakan perjanjian pisah penghasilan dan pisah harta dengan suaminya maka tidak memiliki kewajiban untuk mempunyai NPWP.

Misalnya saja, batas maksimal dari PTKP secara perseorangan di Indonesia sendiri sebesar Rp. 15.840.000 tiap tahun atau sekitar Rp.1.320.000 tiap bulan. Dengan begitu, bila Anda memiliki penghasilan yang melebihi limit maksimal PTKP yang ditetapkan tersebut, maka Anda telah memenuhi persyaratan sebagai seorang Wajib Pajak, sehingga wajib mempunyai kartu Nomor Pokok Wajib Pajak tersebut. Adapun berkas atau dokumen yang perlu dipersiapkan, seperti berikut :

  1. Wajib Pajak Pribadi Yang Tak Menjalankan Usaha (Pekerjaan Bebas)

Fotokopi KTP untuk WNI, kemudian fotokopi paspor, kartu izin tinggal tetap (KITAP), Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS).

  1. Wajib Pajak Pribadi Yang Melakukan Usaha atau Melakukan Pekerjaan Bebas

Fotokopi KTP, fotokopi paspor, KITAP, KITAS, fotokopi dokumen izin aktivitas usaha yang telah diterbitkan oleh instansi berwenang maupun surat keterangan dari tempat kegiatan usaha maupun pekerjaan bebas yang diperoleh dari Pemda minimal tingkat Kepala Desa atau Lurah atau lembar bukti pembayaran tagihan listrik. Kemudian dilengkapi dengan surat pernyataan yang ditandatangan di atas materai, yang menyatakan bahwa wajib pajak benar-benar melakukan pekerjaan bebas atau usaha.

  1. Wajib Pajak Pribadi Untuk Wanita Mneikah Yang Menginginkan Hak maupun Kewajiban Perpajakannya Dilakukan Secara Terpisah

Fotokopi KK, fotokopi NPWP suami, fotokopi surat perjanjain pemisahan harga dan penghasilan maupun surat pernyataan yang menghendaki hak maupun kewajiban perpajakan dilakukan secara terpisah dari kewajiban dan hak perpajakan suami.

Cara Pembuatan NPWP Pribadi Langsung

Untuk pendaftaran dan pembuatan Nomor Pokok Wajib Pajak Pribadi memang tidak sulit, pihak Dirjen Pajak memberikan 2 cara untuk pendaftaran kartu tersebut, yaitu dengan cara online dan juga offline. Bagi Anda yang ingin membuat kartu Nomor Pokok Wajib Pajak pribadi sendiri secara langsung, bisa dilakukan dengan cara mendatangi KPP atau Kantor Pelayanan Pajak. Sebelumnya Anda harus melengkapi persyaratan yang dibutuhkan seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Anda bisa langsung mendatangi kantor pelayanan pajak terdekat di tempat tinggal Anda dengan membawa semua dokumen persyaratan yang diperlukan. Untuk Anda yang memiliki alamat domisili berbeda dari alamat di KTP, maka Anda sebelumnya sudah mempersiapkan surat keterangan tempat tinggal yang dibuat dari kelurahan alamat domisili rumah Anda. Semua berkas persyaratan harus difotokopi, lalu Anda pun bisa melengkapi formulir pendaftaran WP (wajib pajak) yang telah diisi dengan lengkap dan benar, serta sudah ditandatangani. Biasanya formulir tersebut didapatkan dari pihak petugas registrasi di KPP.

Kemudian serahkan dokumen tersebut ke pihak petugas pendaftaran. Setelah itu, Anda akan memperoleh tanda terima registrasi Wajib Pajak yang telah menunjukkan bahwa sudah terdaftar sebagai Wajib Pajak untuk memperoleh kartu Nomor Pokok Wajib Pajak. Adapun waktu yang diperlukan pada pembuatan NPWP ini biasanya hanya membutuhkan 1 hari kerja serta tak dipungut biaya sama sekali. Kartu yang sudah jadi, akan dikirimkan lewat ekspedisi pos ke alamat Anda.




Iman Firdaus
Iman Firdaus

Author



Leave a comment

Comments will be approved before showing up.


Also in Centerflix News Blog

7 Hal Yang Harus di Perhatikan Saat Anda Mau Sewa Virtual Office
7 Hal Yang Harus di Perhatikan Saat Anda Mau Sewa Virtual Office

by Iman Firdaus November 28, 2018

Virtual Office saat ini sudah menjadi tren di kalangan para startup bisnis di Indonesia, anda tidak perlu repot lagi menyiapkan lokasi, karyawan dan tentunya bisa menghemat budget pengeluaran operasional kantor anda.

Maraknya bisnis usaha virtual office di Indonesia khususnya di Jakarta sebagai pusat bisnis tentunya membuat anda bingung memilih mana layanan virtual office yang bagus dan harganya terjangkau.

Nah berikut ini 8 hal yang harus di perhatikan saat anda mau menyewa virtual office :

Read More

Apa Perbedaan Layanan Service Office dengan Capsule Office ?
Apa Perbedaan Layanan Service Office dengan Capsule Office ?

by Iman Firdaus November 23, 2018

Belum banyak orang yang mengetahui beberapa jenis layanan sewa kantor seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya disini yaitu perbedaan coworking space dan service office. dalam layanan yang diberikan oleh centerflix.com terdapat beberapa service untuk sewa kantor antara lain :

Nah beberapa layanan yang ada mungkin anda belum familiar seperti apa sih perbedaan dari layanan service office dengan layanan capsule office ?

Read More

Layanan CoWorking Space Terbaik yang ada di Jakarta
Layanan CoWorking Space Terbaik yang ada di Jakarta

by James Suselo November 15, 2018

Di tengah kemajuan teknologi sekarang ini konsep ruang kerja tidak selalu harus hadir di area perkantoran dengan suasana kerja yang membuat kita bosan dan jenuh, saat ini kita bisa mencoba layanan Coworking space yaitu sebuah layanan sewa kantor dengan konsep ruang kerja yang lebih casual dan santai. anda akan menikmati suasana kerja layaknya saat anda sedang berada di rumah sendiri.
Terletak di bilangan Semanggi jakarta IFGF Coworking space menawarkan sebuah konsep baru ruang kerja yang memberikan suasana berbeda dari biasanya. anda bisa melakukan pertemuan dengan client di sebuah meja meeting yang terlihat natural dan menarik. tersedia juga beberapa sofa empuk yang akan membuat anda nyaman dan ingin berlama-lama berada disini.

Read More