Persyaratan dan Cara Pembuatan Kartu NPWP Secara Langsung


by Iman Firdaus June 21, 2017

NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak merupakan nomor yang telah diberikan pada pihak Wajib Pajak yang bertujuan sebagai sarana untuk administrasi perpajakan dan dipergunakan sebagai identitas atau tanda pengenal diri  Wajib Pajak untuk melaksanakan hak serta kewajibab di bidang perpajakan. Nomor pajak ini wajib dimiliki oleh warga negara Indonesia, entah itu secara perorangan ataupun badan usaha. Nomor pajak tersebut dijadikan sebagai acuan pembayaran pajak, dan menjadi persyaratan dari sejumlah layanan umum, misalnya pembuatan paspor, pengajuan kredit dan lain sebagainya.

Kartu NPWP pribadi ini dapat dikatakan sama seperti KTP yang peranannya wajib untuk dimiliki setiap orang yang sudah memenuhi semua persyaratan tertentu. Hal ini artinya telah memenuhi persyaratan sebagai seorang Wajib Pajak. Untuk wajib pajak yang tak mendaftarkan diri memperoleh kartu ini, maka akan dikenakan sangsi sesuai ketentuan dari perundang-undangan perpajakan. Bila Anda belum mempunyai kartu pajak ini, sebaiknya segera membuatnya lebih dulu dan menyimak semua persyaratan agar Anda bisa memiliki kartu pajak tersebut.

Persyaratan Pembuatan NPWP Pribadi

Persyaratan seseorang yang dinyatakan sebagai WP atau wajib pajak yaitu jika sudah memiliki pendapatan dalam 1 tahun melebihi PTKP atau Penghasilan  Tidak Kena Pajak. Dimana hal tersebut berlaku untuk setiap individu, entah itu yang belum ataupun yang telah berkeluarga. Akan tetapi, untuk wanita yang sudah menikah yang tidak mengadakan perjanjian pisah penghasilan dan pisah harta dengan suaminya maka tidak memiliki kewajiban untuk mempunyai NPWP.

Misalnya saja, batas maksimal dari PTKP secara perseorangan di Indonesia sendiri sebesar Rp. 15.840.000 tiap tahun atau sekitar Rp.1.320.000 tiap bulan. Dengan begitu, bila Anda memiliki penghasilan yang melebihi limit maksimal PTKP yang ditetapkan tersebut, maka Anda telah memenuhi persyaratan sebagai seorang Wajib Pajak, sehingga wajib mempunyai kartu Nomor Pokok Wajib Pajak tersebut. Adapun berkas atau dokumen yang perlu dipersiapkan, seperti berikut :

  1. Wajib Pajak Pribadi Yang Tak Menjalankan Usaha (Pekerjaan Bebas)

Fotokopi KTP untuk WNI, kemudian fotokopi paspor, kartu izin tinggal tetap (KITAP), Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS).

  1. Wajib Pajak Pribadi Yang Melakukan Usaha atau Melakukan Pekerjaan Bebas

Fotokopi KTP, fotokopi paspor, KITAP, KITAS, fotokopi dokumen izin aktivitas usaha yang telah diterbitkan oleh instansi berwenang maupun surat keterangan dari tempat kegiatan usaha maupun pekerjaan bebas yang diperoleh dari Pemda minimal tingkat Kepala Desa atau Lurah atau lembar bukti pembayaran tagihan listrik. Kemudian dilengkapi dengan surat pernyataan yang ditandatangan di atas materai, yang menyatakan bahwa wajib pajak benar-benar melakukan pekerjaan bebas atau usaha.

  1. Wajib Pajak Pribadi Untuk Wanita Mneikah Yang Menginginkan Hak maupun Kewajiban Perpajakannya Dilakukan Secara Terpisah

Fotokopi KK, fotokopi NPWP suami, fotokopi surat perjanjain pemisahan harga dan penghasilan maupun surat pernyataan yang menghendaki hak maupun kewajiban perpajakan dilakukan secara terpisah dari kewajiban dan hak perpajakan suami.

Cara Pembuatan NPWP Pribadi Langsung

Untuk pendaftaran dan pembuatan Nomor Pokok Wajib Pajak Pribadi memang tidak sulit, pihak Dirjen Pajak memberikan 2 cara untuk pendaftaran kartu tersebut, yaitu dengan cara online dan juga offline. Bagi Anda yang ingin membuat kartu Nomor Pokok Wajib Pajak pribadi sendiri secara langsung, bisa dilakukan dengan cara mendatangi KPP atau Kantor Pelayanan Pajak. Sebelumnya Anda harus melengkapi persyaratan yang dibutuhkan seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Anda bisa langsung mendatangi kantor pelayanan pajak terdekat di tempat tinggal Anda dengan membawa semua dokumen persyaratan yang diperlukan. Untuk Anda yang memiliki alamat domisili berbeda dari alamat di KTP, maka Anda sebelumnya sudah mempersiapkan surat keterangan tempat tinggal yang dibuat dari kelurahan alamat domisili rumah Anda. Semua berkas persyaratan harus difotokopi, lalu Anda pun bisa melengkapi formulir pendaftaran WP (wajib pajak) yang telah diisi dengan lengkap dan benar, serta sudah ditandatangani. Biasanya formulir tersebut didapatkan dari pihak petugas registrasi di KPP.

Kemudian serahkan dokumen tersebut ke pihak petugas pendaftaran. Setelah itu, Anda akan memperoleh tanda terima registrasi Wajib Pajak yang telah menunjukkan bahwa sudah terdaftar sebagai Wajib Pajak untuk memperoleh kartu Nomor Pokok Wajib Pajak. Adapun waktu yang diperlukan pada pembuatan NPWP ini biasanya hanya membutuhkan 1 hari kerja serta tak dipungut biaya sama sekali. Kartu yang sudah jadi, akan dikirimkan lewat ekspedisi pos ke alamat Anda.




Iman Firdaus
Iman Firdaus

Author



Leave a comment

Comments will be approved before showing up.


Also in Centerflix News Blog

Keuntungan dan Fasilitas Virtual Office di Jakarta Yang Ditawarkan
Keuntungan dan Fasilitas Virtual Office di Jakarta Yang Ditawarkan

by Andriani Setiawan October 17, 2017

Memanfaatkan fasilitas virtual office di Jakarta yang ditawarkan merupakan pilihan paling tepat bagi bisnis Anda. Dengan menyewa virtual office tentu bisa memberikan ruang kerja Anda yang on demand, nomor telepon faks khusus dan telepon bisnis, ruang meeting hingga berbagai layanan lainnya. Misalnya saja layanan pembukuan atau akuntansi, layanan tele marketing, layanan sekretaris, hingga layanan pribadi yang bisa membantu Anda untuk membayar tagihan, resercasi restoran, deposit cek dan lain sebagainya. Ini merupakan fasilitas yang biasa didapatkan untuk Anda yang memilih jasa sewa virtual office di Jakarta.

Read More

Layanan Sewa Meeting Room di Jakarta
Layanan Sewa Meeting Room di Jakarta

by Iman Firdaus October 17, 2017

Jakarta bukan hanya menjadi ibu kota negara saja, melainkan juga menjadi pusat administrasi dan juga pusat bisnis atau pusat ekonomi. Hal ini membuat Jakarta sangat padat penduduk dan dipenuhi dengan bangunan – bangunan besar untuk perkantoran. Mahalnya lahan di Jakarta membuat para pebisnis enggan untuk membangun kantornya sendiri. Hal ini dikarenakan selain mahalnya lahan yang harus dibeli juga menghabiskan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan bangunan perkantoran, serta juga budget yang cukup besar untuk membeli berbagai macam material atau bahan bangunan lainnya untuk melengkapi bangunan kantor tersebut.

Read More

Sewa Meeting Room Murah Di Jakarta
Sewa Meeting Room Murah Di Jakarta

by Adnan Darnawi October 17, 2017

jika anda seorang pengusaha, tentu saja anda mengetahui pentingnya mempunyai meeting room untuk menyukseskan bisnis yang anda jalankan. Pasalnya ketika mengadakan meeting dengan baik, maka tentu saja bukan hanya tergantung pada kemampuan seseorang dalam mempresentasikan kepada rekan bisnis anda, supaya bisa memberikan dampak yang baik untuk bisnis yang anda jalankan. Pada umumnya rekan bisnis anda tentu saja akan melakukan evaluasi pada presentasi anda, mulai dari bahan yang anda tampilkan hingga ke ruang yang anda gunakan untuk mengadakan meeting tersebut.

Read More