Zonasi Perkantoran di Jakarta


by James Suselo January 22, 2018

Zonasi Perkantoran di Jakarta

 

Salah satu cara atau bisa di bilang strategi dari pada untuk meningkatkan ataupun menunjang usaha kita adalah dalam pemilihan lokasi usaha yang strategis. Rata-rata beberapa pengusaha memang memilih ibu kota jakarta sebagai destinasi ataupun tempat yang paling di anggap sebagai kota yang terbaik. Namun hal itu tidak sepenuhnya benar karena kita harus tau zonasi perkantoran di jakarta agar lokasi yang akan kita tempati nanti menjadi.

Dalam hal ini , kita harus cerdas memilih zonasi perkantoran di jakarta jangan sampai kita memilih tempat atau zonasi yang kurang baik karena apabila kita salah pilih , selain tingkat percepatan usaha kita akan melemah ataupun lambat bisa juga kita akan kehabisan waktu dan juga modal karena kita mengeluarkan sewa lahan dan juga marketing di tempat yang salah. Oleh karena itu apabila anda seorang start up atau pebisnis pemula alangkah baiknya memperhatikan beberapa tips di bawah ini agar anda tidak salah langkah dalam mengembangkan

  1. Perhatikan tingkat kepadatan penduduk sekitar

Salah satu hal yang perlu di perhatikan ketika anda ingin mencari zonasi perkantoran di jakarta adalah anda harus memperhatikan tingkat kepadatan penduduk di sekitar wilayah yang akan anda jadikan lokasi kantor. Beberapa orang terutama perusahaan startup kadang terlupakan hal ini , padahal memilih tempat yang cukup padat penduduk akan menunjang usaha anda apalagi apabila anda pengusaha yang mengandalkan konsumen-konsumen konsumtif seperti masyarakat di daerah tertentu yang membutuhkan produk anda peran kepadatan penduduk merupakan tips terbaik dalam menentukan zonasi perkantoran di jakarta .

Sebagai contoh adalah tingkat produktivitas sebuah perusahaan di desa yang kepadatan penduduknya tidak setinggi kepadatan penduduk di kota seperti jakarta akan berbeda jauh dengan produktivitas di kota besar seperti jakarta.

  1. Jumlah Pendapatan masyarakat

Faktor selanjutnya dalam memilih zonasi perkantoran di jakarta adalah berapa jumlah pendapatan masyarakat sekitar usaha kita. Faktor ini pun tidak kalah penting dengan memperhatikan kepadatan penduduk sekitar. Faktor ini di anggap sangat penting karena bisa di bayangkan apabila anda menjual sebuah produk yang bisa di bilang masuk kedalam harga yang cukup tinggi , setidaknya anda harus memilih zonasi perkantoran di jakarta yang dekat dengan orang-orang yang memiliki pendapatan yang cukup tinggi seperti sekitaran komplek elite ataupun apartemen yang cukup elite. Anda tidak bisa memilih lokasi usaha di sekitaran perumahan ataupun pemukiman warga yang memiliki pendapatan masyarakat yang sekedar pendapatan menengah.

  1. Tingkat keramaian

Langkah selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah tingkat keramaian dari suatu tempat yang akan di jadikan referensi zonasi perkantoran di jakarta nanti. Bagi anda yang memiliki usaha di bidang jasa ataupun consulting mungkin poin yang satu ini tidak akan terlalu berpengaruh terhadap usaha anda. Namun bagi anda yang akan memang masih bingung menentukan jenis usaha yang akan di jalankan , menilai dari tingkat keramaian akan sangat efektif. Seperti contoh apabila anda memilih tempat yang banyak lalu lalang orang berjalan kaki , mungkin memilih usaha yang berhubungan dengan minuman atau toko kelontong mungkin akan lebih baik dan apabila banyak kendaraan bermotor yang lewat , mungkin membuka bengkel atau toko spare part menjadi pilihan yang cukup baik. 

  1. Melihat Tenant

Langkah selanjutnya yang perlu kita perhatikan dalam menentukan zonasi perkantoran di jakarta ataupun kota lainnya adalah melihat tenant ataupun tetangga dari pada tempat kita usaha. Usahakan tetangga sebelah atau depan kita merupakan tetangga yang saling membantu dalam menumbuhkan usaha kita. Seperti contoh adalah ketika kita akan membuka warung nasi , usahakan sebelah kita adalah tenant kantor ataupun tenant yang menjual beberapa jenis minuman yang nantinya akan membantu kita dalam menumbuhkan usaha secara bersama.

Sehingga usahakan kita menempati tempat usaha yang memang sudah ramai dan tetangga kita memiliki jenis usaha yang berbeda dengan kita yang nantinya saling dukung. Jangan sampai kita dengan tetangga kita memiliki jenis usaha yang sama sehingga akan membuat persaingan usaha yang ada kemungkinan tidak sehat.

  1. Sesuaikan dengan dana anda

Selanjutnya yang tidak kalah penting dengan ke 4 faktor yang sudah kita jelaskan tadi adalah persoalan budget ataupun anggaran usaha ataupun perusahaan. Pada tahap ini , usahakan anda tidak memaksakan memilih zonasi perkantoran di jakarta ataupun di kota lain yang di luar dari pada anggaran dana anda.

  1. Akses Jalan dan keamanan

Hal selanjutnya adalah jangan lupa untuk memperhatikan akses jalan menuju tempat usaha anda dan juga dalam sisi keamanan yang baikpun akan mempengaruhi omset ataupun pendapatan dari pada perusahaan anda. Usahakan memilih lokasi yang mudah di akses seperti ruas jalan yang bisa di akses 2 arah dan juga tidak terlalu memutar. Selain itu juga tingkat keamanan pun wajib menjadi nilai yang perlu di perhatikan apalagi jenis usaha anda seperti swalayan ataupun toko kelontong yang akan rawan terhadap tindak kejahatan seperti pencurian dan lain sebagainya.

  1. Kebersihan dan juga lahan parkir

Tips terakhir yang wajib kita perhatikan dalam mencari zonasi perkantoran di jakarta ataupun kota besar lainnya adalah memperhatikan soal kebersihan lingkungan sekitar tempat yang akan menjadi lokasi usaha kita dan juga ketersediaan lahan parkir yang memadai. Ke dua fungsi di atas akan sangat mempengaruhi calon pelanggan ataupun konsumen tetap kita agar terus kembali ke toko kita.

Berikut di atas adalah beberapa point yang perlu di perhatikan dalam zonasi perkantoran di jakarta ataupun kota lainnya yang bisa anda terapkan atau anda perhatikan demi kemajuan usaha anda.




James Suselo
James Suselo

Author



Leave a comment

Comments will be approved before showing up.


Also in Centerflix News Blog

Sewa Ruang Kantor Ukuran Kecil
Sewa Ruang Kantor Ukuran Kecil

by Andriani Setiawan February 15, 2018

Memiliki sebuah kantor yang menjadi tempat operasional perusahan merupakan sebuah impian atau idaman bagi banyak startup dalam mengembangkan atau dalam melaksanakan operasional perusahaannya itu sendiri. Bagi seorang pengusaha yang baru merintis kariernya di berbagai jenis bidang yang sedang di geluti nya sudah pasti akan melewati banyak sekali hambatan-hambatan dan juga persoalan yang apabila kita tidak pintar dan juga tidak kuat dalam menjalankan sebuah perusahaan. Sudah pasti , usaha yang sedang kita rintis akan hilang alias bangkrut karena tidak dapat bersaing dengan berbagai kompetitor lainnya.

Read More

Sewa Ruang Rapat di Jakarta
Sewa Ruang Rapat di Jakarta

by Iman Firdaus February 13, 2018

Ruang rapat atau lebih sering di sebut ruang pertemuan merupakan salah satu tempat yang sangat penting yang harus di miliki sebuah perusahaan terlebih perusahan yang memiliki ruang kantor sendiri. Ruang pertemuan atau ruang rapat itu sendiri sepertinya, biasanya di gunakan untuk berbagai kepentingan seperti digunakan untuk rapat, acara khusus perusahaan, seminar atau beberapa kepentingan yang menyangkut perusahaan. besarnya ruang rapat yang di sediakan oleh sebuah perusahaan biasanya bervariasi sesuai dengan besar kecilnya kantor sebuah perusahaan. Namun, tidak sedikit juga beberapa perusahaan yang sudah memiliki ruang rapat, namun memilih untuk sewa ruang rapat jakarta.

Read More

Virtual Office Promo
Virtual Office Promo

by Adnan Darnawi February 13, 2018

Banyak sekali yang bisa kita lakukan bagi seorang entrepreneur pemula atau lebih sering di bilang startup untuk terus mengembangkan sebuah usaha yang memang sedang kita jalani. Mulai pembaharuan sarana prasarana yang mendukung usaha kita maupun meningkatkan berbagai kemampuan sumber daya manusia agar ke depannya bisa membantu perusahaan kita untuk terus berkembang.

Apabila berbicara dengan pembaharuan sarana dan juga prasarana. Memang hal itu merupakan faktor yang sering membuat para pengusaha haru berfikir 2x .Maksud dari berfikir 2x adalah kita harus benar-benar memikirkan secara matang apabila ingin memperbarui sarana prasaran dengan berbagai pertimbangan. Sebagai seorang startup sudah pasti sisi keuangan akan sangat sensitif dan juga menjadi perhatian paling utama. Hal itu karena , kita harus benar-benar menggunakan dana yang ada termasuk kas perusahaan untuk kepentingan yang paling penting di perusahaan.

Read More